Tugas dan Tanggung Jawab Arsitek Untuk Design

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Arsitek Untuk Design?

Tugas dan tanggung jawab arsitek untuk design rumah anda ialah, Arsitek bertugas untuk merancang struktur seperti rumah, kompleks apartemen, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, dan pabrik. Selain mempertimbangkan tampilan fisik, mereka juga memastikan struktur tersebut akan berfungsi, aman, ekonomis, dan sesuai dengan kebutuhan orang yang akan menggunakannya.

Sebagian besar waktu, arsitek bekerja di kantor. Di sana, mereka bertemu dengan klien, menyusun rencana, mengerjakan perkiraan biaya, mengajukan aplikasi izin dengan departemen bangunan kota, dan membantu klien membuat perjanjian dengan kontraktor. Arsitek juga mengunjungi lokasi konstruksi untuk memeriksa kemajuan proyek dan memastikan kontraktor membangunnya sesuai dengan rencana mereka.

Tugas dan Tanggung Jawab Arsitek Untuk Design Rumah

Pekerjaan ini umumnya membutuhkan kemampuan khusus untuk melakukan pekerjaan berikut:

  1. Pimpin dan kembangkan proyek dari konsep awal hingga pengembangan desain
  2. Menyiapkan gambar, spesifikasi, dan dokumen konstruksi
  3. Merancang dan mendokumentasikan proyek bangunan komersial dan industri
  4. Konsultasikan dengan klien untuk menentukan kebutuhan mereka
  5. Mengkoordinasikan studi arsitektur awal untuk struktur baru utama dan perubahan pada struktur yang ada dan pengembangan situs
  6. Mengatur dan mengelola dokumen izin
  7. Bekerja dengan tim lintas lini bisnis, di lokasi terpencil, dan berkoordinasi dengan subkontraktor
  8. Selesaikan masalah desain yang kompleks dengan solusi inovatif dan praktis
  9. Ubah rencana dan peningkatan yang ada agar sesuai dengan kebutuhan klien dan penjualan

Arsitek mulai merancang sebuah proyek pada tahap perencanaan pembangunan. Mereka pertama kali bertemu dengan klien untuk menentukan persyaratan mereka untuk proyek tersebut. Dalam menentukan rencana desain, arsitek harus mempertimbangkan item lain seperti situs, lingkungan, budaya dan sejarah, yang mungkin tunduk pada peraturan lokal dan federal, kode bangunan, dan undang-undang perencanaan dan zonasi lokal.

Tugas dan Tanggung Jawab Arsitek Untuk Design

Arsitek juga perlu mempertimbangkan jenis bahan bangunan yang akan digunakan yang sesuai dengan kebutuhan klien serta anggaran. Saat membuat desain, arsitek menggunakan program komputer canggih seperti program perangkat lunak 3D—BIM (Manajemen Informasi Bangunan dan AutoCAD (desain berbantuan komputer)—serta teknologi berbasis cloud.

Saat proyek berlangsung, arsitek akan berkonsultasi dengan klien, kontraktor, insinyur, dan anggota kunci lainnya untuk memastikan bahwa aspek-aspek seperti pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC), serta dukungan struktural dimasukkan dengan benar ke dalam struktur yang dirancang. Ini mungkin juga termasuk membuat modifikasi pada desain mereka sepanjang siklus hidup proyek.

Jika Anda akan membangun atau merenovasi rumah atau bangunan lain, penting untuk memiliki desain arsitektur sebelum pekerjaan dimulai. Menggambar cetak biru dan model bangunan memungkinkan arsitek untuk bekerja dengan Anda untuk menyesuaikan bangunan Anda persis seperti yang Anda inginkan. Memiliki rencana sebelumnya juga mencegah kesalahan selama proses konstruksi. Jauh lebih mudah dan lebih murah untuk memperbaiki kesalahan dalam gambar atau mock-up skala 3-D daripada memperbaiki bangunan yang sedang dibangun.

Apa yang Melibatkan Desain?

Desain arsitektur terutama berkaitan dengan fungsionalitas. Sebuah bangunan harus memenuhi kebutuhan orang yang memiliki atau menyewanya, atau tidak berharga. Keamanan juga menjadi perhatian utama; sebuah bangunan baru harus kokoh secara struktural, dirancang untuk bertahan dalam ujian waktu dan dibangun sesuai dengan peraturan dan tata cara bangunan setempat. Namun, arsitektur tidak hanya mementingkan kepraktisan, fungsionalitas, dan daya tahan.

Arsitektur juga merupakan bentuk seni yang mementingkan keindahan estetis suatu bangunan. Sementara arsitek bekerja dengan spesifikasi klien mereka dan mempertimbangkan kebutuhan mereka, mereka juga menggunakan kepekaan artistik mereka sendiri untuk membuat setiap bangunan unik.

Bayangkan kehidupan yang dihabiskan untuk tinggal dan bekerja di gedung-gedung yang semuanya tampak persis sama. Anda akan bertahan hidup, Anda dapat berfungsi, tetapi bagian penting dari jiwa Anda akan kekurangan warna dan keindahan. Disadari atau tidak, desain arsitektur membantu memberi makan bagian jiwa Anda yang mendambakan makanan artistik.

Mengapa Desain Penting Dalam Renovasi?

Kekhawatiran yang sama tentang memperbaiki kesalahan sebelum konstruksi dimulai berlaku untuk renovasi bangunan lama sama seperti yang mereka lakukan untuk membangun yang baru. Namun, desain juga menjadi perhatian dalam renovasi karena perubahan atau penambahan baru harus sesuai dengan kosmesis bangunan aslinya. Harus ada kesatuan dan koherensi pada desain keseluruhan.

Apakah Anda sedang merenovasi sebuah bangunan lama atau membangun yang sama sekali baru, desain bangunan penting untuk alasan praktis dan juga estetika. Itulah mengapa penting untuk menyewa seorang arsitek terkemuka.